Kamis, 16 Agustus 2012

Prinsip dasar spektroskopi serapan atom

Prinsip dasar AAS adalah sebagai berikut:
- Pada AAS terjadi penyerapan sumber radiasi (sinar tampak atau ultraviolet) oleh atom-atom netral dalam keadaan gas yang berada dalam nyala.
- Untuk jadi atom netral dalam keadaan gas butuh perlakuan khusus dipanaskan pada suhu tinggi.
- Nyala digunakan untuk membuat atom netral dalam keadaan gas.
Bila dianalogikan dengan spektrofotometri UV-Vis:
kuvet adalah nyala api , sedangkan sampelnya adalah atom-atom netral dalam keadaan gas. Namun AAS tidak dimasukkan dalam spektrofotometri UV-Vis karena ada perbedaan diantara keduanya yaitu dalam:
AAS termasuk anggota metode spektrofotometri nyala karena butuh nyala dalam mengubah bentuk molekul menjadi bentuk atom. Spektrum molekul cenderung merupakan pita serapan karena suatu molekul bila dikenai radiasi elektromagnetik akan terjadi tumpang tindih posisi energi rotasi, vibrasi dan elektronik, sedangkan spektrum pada atom merupakan garis-garis serapan karena yang ada hanya energi elektronik.Pada AAS tidak didapat garis-garis spektrum, melainkan suatu pelebaran garis-garis spektrum sampai (0,02-0,05 A) lebih lebar dari garis spektrum alamiah atom 10-4 A. Ada dua penyebab pelebaran yaitu :
1. Pelebaran Doppler
disebabkan karena atom-atom netral di dalam nyala bergerak dengan kecepatan yang tinggi mendekati atau menjauhi radiasi yang datang. Akibat kedua peristiwa tersebut maka panjang gelombang radiasi yang datang akan diperkecil atau diperbesar. Perbedaan terhadap panjang gelombang puncak serapan akan menyebabkan pelebaran garis puncak serapan, karena puncak serapan masih juga diserap.
2. Pelebaran tekanan
disebabkan peristiwa tumbukan antar atom sendiri dalam nyala. Tumbukan-tumbukan atom akan menyebabkan perubahan tingkat energi asas atom tersebut. Sedangkan tingkat energi asas semula kalau tidak terjadi tumbukan antar atom juga masih terhitung. Perbedaan tingkat energi asas atom-atom tersebut akan menimbulkan perbedaan panjang gelombang, yang akan berakibat pelebaran garis-garis spektrum serapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hamsternya bisa gerak kemana kita mau.gerakin aja kursornya, pasti ngikutin tuh hamster