Kamis, 16 Agustus 2012

Bagian-bagian AAS

Alat AAS terdiri dari 3 komponen yaitu: Unit atomisasi, sumber radiasi dan sistem pengukur fotometrik
Spektofotometer absorbsi atom dikenal ada 2 macam sistem optik yaitu berkas tunggal dan ganda.
- Sumber radiasi yang terbaik adalah sinambung dengan monokrom resolusi yang baik, serta intensitas radiasi cukup kuat. Contoh : Lampu katoda berongga dan tabung awan muatan gas (Gas Discharge Tubes)
- Monokromator harus mampu memberikan resolusi yang terbaik. Ada 2 bentuk monokromator yaitu monokromator celah dan kisi difraksi. Monokromator ditempatkan diantara nyala dan detektor.
- Alat pembakar untuk mendapatkan nyala api yang dikehendaki juga harus diperhatikan. Nyala api atau teknik tanpa nyala diharapkan untuk memperoleh uap-uap atom netral suatu unsur dalam sampel. Teknik nyala api gas adalah yang terbanyak, sedang yang perlu dikembangkan adalah panjang/ lebar nyala api (karena dianggap sebagai kuvet) sehingga akan memenuhi hukum Beer-Lambert.
- Gas pembakar untuk AAS dapat dikombinasi dengan gas pengoksida untuk tujuan peningkatan temeratur. Untuk unsur yang dianalisis perlu dicari capuran pembakar dan pengoksida yang sesuai.
- Detektor pada AAS berfungsi mengubah intensitas radiasi yang datang menjadi arus listrik, yang umum dipakai sebagai detektor adalah tabung penggandaan foton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hamsternya bisa gerak kemana kita mau.gerakin aja kursornya, pasti ngikutin tuh hamster